Logo
images

Giat Ramadhan MTsN 1 Pati Bahagia Hari Ini: Keutamaan Wudlu

Pati- Dalam Ngaji kitab Tanqihul Qaul yang dilaksanakan Senin (25/3), Ustadz Moh. Sururi Ma’ruf membahas keutamaan wudlu. Sebelum menyimak penjelasan keutamaan wudlu, siswa-siswi MTsN 1 Pati mengikuti jamaah shalat isyraq, dhuha, dan mahallul qiyam.

Beberapa point penting keutamaan wudlu, yaitu:

Pertama Barang siapa berwudlu dengan sempurna kemudian melaksanakan shalat, maka semua dosa kecilnya hilang, dirinya bersih bagaikan anak yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Kedua Barang siapa berwudlu, kemudian melaksanakan shalat, maka Allah swt. mengampuni dosa yang dilakukan antara shalat yang dilaksanakan pada saat itu dan shalat yang akan datang.

Ketiga Barang siapa tidur dalam keadaan berwudlu kemudian dia meninggal dunia pada malam itu, maka dia diberi pahala oleh Allah swt. bagaikan pahalanya orang yang mati syahid. Syahid ada dua, yaitu syahid dunia akhirat dan syahid akhirat.

Keempat Barang siapa tidur dalam keadaan suci maka dia bagaikan orang yang berpuasa dan malamnya menjalankan shalat sunnah. Orang yang suka tirakat dengan berpuasa dan pada waktu malam menjalankan shalat tahajjud maka dia akan menjadi orang alim dan diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji.

Kelima Barang siapa yang selalu menyempurnakan wudlunya (tajdidul wudlu’) maka dia akan diberi sepuluh kebaikan oleh Allah  swt. Manfaat wudlu, yaitu melebur dosa, meredam emosi, menjaga kebersihan, menambah kecerdasan, dan menentramkan jiwa.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, berpesan kepada anak didiknya agar setiap hari berusaha menjaga wudlunya.

“Anak-anakku, biasakan sebelum berangkat usahakan wudlu terlebih dahulu dari rumah. Jagalah wudlu, agar kita selalu dalam lindungan Allah swt.,” pungkasnya.


TAG

Dipost Oleh SIM-MTsN 1 Pati

Tidak peduli seberapa menarik atau signifikan kehidupan seseorang, biografi yang ditulis dengan buruk akan membuatnya tampak seperti mendengkur. Di sisi lain, seorang penulis biografi yang baik dapat menarik wawasan dari kehidupan biasa-karena mereka menyadari bahwa bahkan kehidupan yang paling menarik adalah kehidupan biasa! Lagi pula, biografi tidak seharusnya menjadi kumpulan fakta yang dikumpulkan dalam urutan kronologis; itu interpretasi penulis biografi tentang bagaimana kehidupan itu berbeda dan penting.

Tinggalkan Komentar